Anda pernah kirim barang menggunakan JNE? Menyenangkan? Alhamdulillah, namun saya akan menceritakan pengalaman saya yg mungkin tidak sama dengan anda.
Ini murni pengalaman saya pribadi, pengalaman ini mudah mudahan tidak terjadi pada anda, dan saya juga berharap ini kejadian ini satu satunya dan tidak berulang di kemudian hari
Kenapa sy tulis ini ? Ini bisa jadi sebagai kritik utk JNE, peringatan pengguna layanan JNE agar menjadi waspada serta hati hati
Saya punya toko online kecil, yg transaksinya pun tidak banyak paling sebulan sekali, menjual barang baru dan barang bekas yg masih layak jual, kategori elektronik kebanyakan Hifi player, sy sering menggunakan JNE untuk kiriman luar pulau jawa, pengirimannya kadang cepat, kadang lama sampainya, hal tersebut sy anggap biasa dan normal, tinggal setel kesabaran saja masalah beres.
Namun pengiriman berikut ini
Pada tanggal 18 april saya dapat pesanan dari pembeli di bali utk headphone amplifier dari salah satu e commerce tempat saya berjualan.
Untuk memberikan pelayanan lebih, sy berikan free ongkir dengan catatan pakai reguler dan pembeli setuju,
Barang tersebut saya pack dengan karton box warna coklat, sy lapis dengan buble batang besar agar tahan benturan lalu di masukan lagi ke dalam box ukurannya kurang lebih 25x20x10 cm jadi lumayan besar, alamat pembeli saya tempel menggunakan kertas putih lalu sy lakban clear full keseluruhannya.
Paket saya serahkan tanggal 18 jam 15 klo ga salah, dengan nomor 073080003365118 (bisa di cek)
Tanggal 19 april 2018 jam 01:06 tercatat Received at origin gateway (bekasi),
Tanggal 20 April sy cek karena kelihatan barang tersebut tidak bergerak, pada sore hari sy telepon ke CS JNE no. 021 29278888, diterima oleh operator dan di janjikan pengecekan kiriman, operator juga meminta semua data mengenai kiriman tersebut.
Tanggal 21 April saya cek kembali karena masih melihat tidak ada progres, tersambung ke operator setelah beberapa kali usaha, karena CS nya kelihatan sibuk sekali, dia berjanji akan menghubungi saya jika ada progress
Jam 16 : 52 pada tanggal yg sama saya ditelepon oleh operator JNE di nomor telpon 021 80616000 yg meminta sy membuat klaim ke agen JNE namun dengan catatan barang tersebut masih dalam proses pencarian. Karena hari sabtu yg tentu saja Agen JNE tempat saya menyerahkan barang sudah tutup begitupun nanti hari minggu, mungkin nanti hari senin baru bisa sy lakukan.
Anda tahu apa yg saya pikirkan?
Was was jangan jangan barang saya hilang, kesempatannya sudah 50-50 sekarang dan berfikir
1. Karyawan JNE ternyata tidak se profesional yang sy kira dalam menangani barang yg di amanatkan
2. Karyawan JNE mungkin saja mengambil barang saya, karena klo orang lain rasanya tidak mungkin, di sebut keselip utk barang dengan dimensi packing sebesar itu agak kelihatan mustahil, klo pack sbesar jempol keselip masuk akal, walaupun itu mungkin, Cuma aneh saja utk katagori perusahaan level nasional yg beroperasi sudah lama sekali dengan sistem komputer yg terintegrasi seluruh indonesia.
3. CSnya memang bagus, cepat tanggap namun apa artinya jika barang tetap tidak ada
4. Kerugian yang saya alami akan berlipat lipat, kerugian waktu mengurus tetek bengek seperti ini yg seharusnya tidak ada, biaya telepon, menenangkan pembeli agar merasa uangnya aman, juga nanti harus mengurus ke pihak e commerce Untuk mengembalikan uang pelanggan saya jika barang tersebut benar benar hilang, keuntungan yg Seharusnya saya dapat jadi hilang, juga nilai barang yg di ganti kemungkinan tidak 100%, usaha yg di lakukan selama ini sia sia, artinya kerugian berlipat lipat hanya karena mempercayai perusahaan kurir ternama, terpercaya, top brand….???
Sy tidak tahu sistem keamanan JNE, namun klo kita berfikir liar, andaikan anda karyawan JNE menginginkan barang dengan motive apapun bisa tinggal ambil saja, toh nanti ada CS yg menangani komplain kehilangan barang dan yg rugi konsumen pemakai jasa, perusahaan tetap aman karena sudah memagari dengan berbagai syarat dan ketentuan….
Update Tgl 23/04/2018 : saya mendatangi agen bermaksud membuat klaim mengenai hal ini sesuai permintaan CS JNE. setiba di JNE petugasnya melakukan crosscheck ke JNE dan hasilnya mengatakan barang sudah di kirim, dan akhirnya saya tidak jadi melakukan klaim dan meminta untuk update di aplikasi lalu saya komunikasikan hasil tersebut ke pembeli.
Update tgl 24/04/2018 pagi : Barang belum berubah dari status semula, Pembeli menanyakan hal tersebut pagi pagi. saya jawab saya mengetahuinya dan akan mengeceknya lagi ke agen lalu memberikan nomor CS JNE yang mudah di hubungi karena dia mengeluhkan CS JNE yang sulit di hubungi, selang beberapa saat dia memberikan kabar persis dengan yang kemarin yaitu "barang sudah di kirim". siangnya jam 11 an saya datangi agen JNE, dia mengatakan bahwa barang sudah posisi di jakarta. dan memberi tahu bahwa memang saat ini kiriman sedang telat bahkan ada kiriman harus di klaim karena tidak layak kirim lagi pada agen tersebut. sepertinya JNE semakin terkenal dan semakin overload, jadi mungkin saatnya untuk reconsidering demi pelayanan yang prima.
Update 25/04/2018 : kemarin saya mendapatkan email dari CS JNE (saya lakukan komunikasi dengan email juga customercare@jne.co.id) tepat setelah saya menanyakan ke agen dan mengatakan barang tersebut masih ada, namun email tsb mengabarkan bahwa barang tersebut hilang, sy jadi bingung mana yang benar.
Jam 14:00 agen menelepon saya untuk membuat klaim yang pada waktu lalu batal di lakukan
Jam 16 :00 Selesai membuat klaim barang di agen JNE dengan menyertakan fotocopy KTP, Nomor rekening Bank dan data nilai barang. agen JNE bilang akan secepatnya di urus....saya harapkan begitu....kagak pake lama.
Update Tgl 27/04/2018 : Kemarin Sore setelah magrib JNE jakarta menanyakan Apakah JNE bekasi sudah menguhubungi saya, saya katakan JNE Bekasi sudah menghubungi saya namun sebatas appakah saya sudah melakukan klaim ke agen, sy samapaikan juga keberatan saya jika di ganti hanya 10X ongkos kirim karena harga barang tersebut jauh diatas itu, saya kira JNE bisa lebih baik dari itu mengingat ini perusahaan besar, nilai barang saya mungkin tidak ada artinya buat mereka, saya tidak berharap lebih atau untung cuma berharap jangan sampai rugi terlalu banyak, karena perlu di ketahui ini murni keteledoran tim JNE, mungkin mereka bisa bertanggung jawab secara kolektif. agen juga sudah konfirmasi bahwa klaim sudah di kirimkan, menurut kabarnya dia ada di pusat
Pagi tadi saya mngirimkan Email balasan dan pemberitahuan mengenai blog ini kepada JNE, agar memberikan ruang untuk JNE bisa menjawab, menyanggah apapun yang saya tulis disini.
Update Tgl 30/04/2018 : Dua hari berlalu dari tanggal 27 dan sekarang mau hari ke 3, belum ada tanda tanda dari JNE untuk membertahukan apakah ada progres mengenai kasus saya yang beri nomor laporan CAS-6990844-C3F1J5 , akhirnya saya WA Agen JNE, saya meminta bantuannya untuk follow up kasus ini, dia bilang oke akan dibantu, semoga ini tidak berlama lama yang mengakibatkan lupa, tpi saya yakinkan bahwa saya tidak akan lupa dan akan terus menagih sampai titik darah penghabisan, ini perjuangan saya dan ini kewajiban JNE.
Update Tanggal 03/05/2018 : pada tgl 2/5/18 menghubungi lagi JNE melalui email menanyakan progress klaim, karena sampai saat itu tidak ada kabar sama sekali mengenai hal ini, entah karena nomor keluhan lama kadaluarsa, JNE memberikan nomor keluhan baru yaitu CAS-7060301-B7G0P9 dan berjanji menindak lanjuti, Pembeli sudah menanyakan lagi, saya hanya bisa menjawab sebatas yang saya tahu, juga minta agen bantu untuk menindak lanjuti.
Update Tanggal 11/05/2018 : Akhirnya ada telepon dari JNE mengenai tindak lanjut kasus ini, namun yang disayangkan mereka hanya mengganti 50% daribnilai barang dengan note bahwa ini kebijakan tidak berlaku untuk semua kasus, karena menurut peraturan JNE hanya 10X ongkos kirim. akhirnya saya menyatakan setuju dengan pertimbangan beberapa hal :
1. Saya sudah males berdebat dan mengeluh lagi
2. Mungkin ini Pilihan terbaik karena klo ga setuju bisa pengulangan terus menerus, telpon lagi CSnya, mendapatkan jawaban yg sama pula "akan di tindak lanjuti", menunggu, telepon lagi csnya untuk menanyakan progress, nego lagi yg belum tentu juga naik penawarannya. terus ber ulang ulang jika nggak ada kesepakatan . akhirnya sy putuskan mengalah saja lah.
3. Saya tidak punya waktu lagi untuk memikirkan dan mengurus hal beginian terus menerus.
Karena sudah ada kepastian dari JNE untuk penggantian walaupun 50% dan rencananya akan di bayarkan minggu depan, Maka saya hubungi pembeli barang tsb dan bernego agar mau berbagi kerugian dan alhamdulillah dia setuju dan pada saat yg sama langsung saya kirimkan uang yang menjadi haknya.
Update Tgl 28/ 05/18 : Seminggu berlalu dari yang di janjikan uang penggantian dari JNE belum juga saya terima, akhirnya saya tanyakan lagi ke CS JNE Bekasi, Jawabannya sedang dalam "antrian" dan proses eksekusi 14 hari jika uang sudah di kirim akan di beritahukan melalui SMS.
Pada tanggal 24/05/18 ketika ambil uang ke ATM sy lihat ada penambahan pada saldo akhir, lalu saya cek mutasi rekening ternyata ada uang masuk tanggal 23/05 si pengirim tidak memberikan keterangan apa2 dan juga tidak ada SMS konfirmasi dari JNE nominalnya sejumlah kira kira sama dengan yang di janjikan JNE, karena saya sudah malas untuk menanyakan lagi ke CS JNE, saya putuskan uang tersebut datang dari JNE dengan demikian urusan dengan JNE saya nyatakan SELESAI.
Saya berharap ini jadi bahan pelajaran untuk kita semua. Terima kasih
Ini murni pengalaman saya pribadi, pengalaman ini mudah mudahan tidak terjadi pada anda, dan saya juga berharap ini kejadian ini satu satunya dan tidak berulang di kemudian hari
Kenapa sy tulis ini ? Ini bisa jadi sebagai kritik utk JNE, peringatan pengguna layanan JNE agar menjadi waspada serta hati hati
Saya punya toko online kecil, yg transaksinya pun tidak banyak paling sebulan sekali, menjual barang baru dan barang bekas yg masih layak jual, kategori elektronik kebanyakan Hifi player, sy sering menggunakan JNE untuk kiriman luar pulau jawa, pengirimannya kadang cepat, kadang lama sampainya, hal tersebut sy anggap biasa dan normal, tinggal setel kesabaran saja masalah beres.
Namun pengiriman berikut ini
Pada tanggal 18 april saya dapat pesanan dari pembeli di bali utk headphone amplifier dari salah satu e commerce tempat saya berjualan.
Untuk memberikan pelayanan lebih, sy berikan free ongkir dengan catatan pakai reguler dan pembeli setuju,
Barang tersebut saya pack dengan karton box warna coklat, sy lapis dengan buble batang besar agar tahan benturan lalu di masukan lagi ke dalam box ukurannya kurang lebih 25x20x10 cm jadi lumayan besar, alamat pembeli saya tempel menggunakan kertas putih lalu sy lakban clear full keseluruhannya.
Paket saya serahkan tanggal 18 jam 15 klo ga salah, dengan nomor 073080003365118 (bisa di cek)
Tanggal 19 april 2018 jam 01:06 tercatat Received at origin gateway (bekasi),
Tanggal 20 April sy cek karena kelihatan barang tersebut tidak bergerak, pada sore hari sy telepon ke CS JNE no. 021 29278888, diterima oleh operator dan di janjikan pengecekan kiriman, operator juga meminta semua data mengenai kiriman tersebut.
Tanggal 21 April saya cek kembali karena masih melihat tidak ada progres, tersambung ke operator setelah beberapa kali usaha, karena CS nya kelihatan sibuk sekali, dia berjanji akan menghubungi saya jika ada progress
Jam 16 : 52 pada tanggal yg sama saya ditelepon oleh operator JNE di nomor telpon 021 80616000 yg meminta sy membuat klaim ke agen JNE namun dengan catatan barang tersebut masih dalam proses pencarian. Karena hari sabtu yg tentu saja Agen JNE tempat saya menyerahkan barang sudah tutup begitupun nanti hari minggu, mungkin nanti hari senin baru bisa sy lakukan.
Anda tahu apa yg saya pikirkan?
Was was jangan jangan barang saya hilang, kesempatannya sudah 50-50 sekarang dan berfikir
1. Karyawan JNE ternyata tidak se profesional yang sy kira dalam menangani barang yg di amanatkan
2. Karyawan JNE mungkin saja mengambil barang saya, karena klo orang lain rasanya tidak mungkin, di sebut keselip utk barang dengan dimensi packing sebesar itu agak kelihatan mustahil, klo pack sbesar jempol keselip masuk akal, walaupun itu mungkin, Cuma aneh saja utk katagori perusahaan level nasional yg beroperasi sudah lama sekali dengan sistem komputer yg terintegrasi seluruh indonesia.
3. CSnya memang bagus, cepat tanggap namun apa artinya jika barang tetap tidak ada
4. Kerugian yang saya alami akan berlipat lipat, kerugian waktu mengurus tetek bengek seperti ini yg seharusnya tidak ada, biaya telepon, menenangkan pembeli agar merasa uangnya aman, juga nanti harus mengurus ke pihak e commerce Untuk mengembalikan uang pelanggan saya jika barang tersebut benar benar hilang, keuntungan yg Seharusnya saya dapat jadi hilang, juga nilai barang yg di ganti kemungkinan tidak 100%, usaha yg di lakukan selama ini sia sia, artinya kerugian berlipat lipat hanya karena mempercayai perusahaan kurir ternama, terpercaya, top brand….???
Sy tidak tahu sistem keamanan JNE, namun klo kita berfikir liar, andaikan anda karyawan JNE menginginkan barang dengan motive apapun bisa tinggal ambil saja, toh nanti ada CS yg menangani komplain kehilangan barang dan yg rugi konsumen pemakai jasa, perusahaan tetap aman karena sudah memagari dengan berbagai syarat dan ketentuan….
Update Tgl 23/04/2018 : saya mendatangi agen bermaksud membuat klaim mengenai hal ini sesuai permintaan CS JNE. setiba di JNE petugasnya melakukan crosscheck ke JNE dan hasilnya mengatakan barang sudah di kirim, dan akhirnya saya tidak jadi melakukan klaim dan meminta untuk update di aplikasi lalu saya komunikasikan hasil tersebut ke pembeli.
Update tgl 24/04/2018 pagi : Barang belum berubah dari status semula, Pembeli menanyakan hal tersebut pagi pagi. saya jawab saya mengetahuinya dan akan mengeceknya lagi ke agen lalu memberikan nomor CS JNE yang mudah di hubungi karena dia mengeluhkan CS JNE yang sulit di hubungi, selang beberapa saat dia memberikan kabar persis dengan yang kemarin yaitu "barang sudah di kirim". siangnya jam 11 an saya datangi agen JNE, dia mengatakan bahwa barang sudah posisi di jakarta. dan memberi tahu bahwa memang saat ini kiriman sedang telat bahkan ada kiriman harus di klaim karena tidak layak kirim lagi pada agen tersebut. sepertinya JNE semakin terkenal dan semakin overload, jadi mungkin saatnya untuk reconsidering demi pelayanan yang prima.
Update 25/04/2018 : kemarin saya mendapatkan email dari CS JNE (saya lakukan komunikasi dengan email juga customercare@jne.co.id) tepat setelah saya menanyakan ke agen dan mengatakan barang tersebut masih ada, namun email tsb mengabarkan bahwa barang tersebut hilang, sy jadi bingung mana yang benar.
Jam 14:00 agen menelepon saya untuk membuat klaim yang pada waktu lalu batal di lakukan
Jam 16 :00 Selesai membuat klaim barang di agen JNE dengan menyertakan fotocopy KTP, Nomor rekening Bank dan data nilai barang. agen JNE bilang akan secepatnya di urus....saya harapkan begitu....kagak pake lama.
Update Tgl 27/04/2018 : Kemarin Sore setelah magrib JNE jakarta menanyakan Apakah JNE bekasi sudah menguhubungi saya, saya katakan JNE Bekasi sudah menghubungi saya namun sebatas appakah saya sudah melakukan klaim ke agen, sy samapaikan juga keberatan saya jika di ganti hanya 10X ongkos kirim karena harga barang tersebut jauh diatas itu, saya kira JNE bisa lebih baik dari itu mengingat ini perusahaan besar, nilai barang saya mungkin tidak ada artinya buat mereka, saya tidak berharap lebih atau untung cuma berharap jangan sampai rugi terlalu banyak, karena perlu di ketahui ini murni keteledoran tim JNE, mungkin mereka bisa bertanggung jawab secara kolektif. agen juga sudah konfirmasi bahwa klaim sudah di kirimkan, menurut kabarnya dia ada di pusat
Pagi tadi saya mngirimkan Email balasan dan pemberitahuan mengenai blog ini kepada JNE, agar memberikan ruang untuk JNE bisa menjawab, menyanggah apapun yang saya tulis disini.
Update Tgl 30/04/2018 : Dua hari berlalu dari tanggal 27 dan sekarang mau hari ke 3, belum ada tanda tanda dari JNE untuk membertahukan apakah ada progres mengenai kasus saya yang beri nomor laporan CAS-6990844-C3F1J5 , akhirnya saya WA Agen JNE, saya meminta bantuannya untuk follow up kasus ini, dia bilang oke akan dibantu, semoga ini tidak berlama lama yang mengakibatkan lupa, tpi saya yakinkan bahwa saya tidak akan lupa dan akan terus menagih sampai titik darah penghabisan, ini perjuangan saya dan ini kewajiban JNE.
Update Tanggal 03/05/2018 : pada tgl 2/5/18 menghubungi lagi JNE melalui email menanyakan progress klaim, karena sampai saat itu tidak ada kabar sama sekali mengenai hal ini, entah karena nomor keluhan lama kadaluarsa, JNE memberikan nomor keluhan baru yaitu CAS-7060301-B7G0P9 dan berjanji menindak lanjuti, Pembeli sudah menanyakan lagi, saya hanya bisa menjawab sebatas yang saya tahu, juga minta agen bantu untuk menindak lanjuti.
Update Tanggal 11/05/2018 : Akhirnya ada telepon dari JNE mengenai tindak lanjut kasus ini, namun yang disayangkan mereka hanya mengganti 50% daribnilai barang dengan note bahwa ini kebijakan tidak berlaku untuk semua kasus, karena menurut peraturan JNE hanya 10X ongkos kirim. akhirnya saya menyatakan setuju dengan pertimbangan beberapa hal :
1. Saya sudah males berdebat dan mengeluh lagi
2. Mungkin ini Pilihan terbaik karena klo ga setuju bisa pengulangan terus menerus, telpon lagi CSnya, mendapatkan jawaban yg sama pula "akan di tindak lanjuti", menunggu, telepon lagi csnya untuk menanyakan progress, nego lagi yg belum tentu juga naik penawarannya. terus ber ulang ulang jika nggak ada kesepakatan . akhirnya sy putuskan mengalah saja lah.
3. Saya tidak punya waktu lagi untuk memikirkan dan mengurus hal beginian terus menerus.
Karena sudah ada kepastian dari JNE untuk penggantian walaupun 50% dan rencananya akan di bayarkan minggu depan, Maka saya hubungi pembeli barang tsb dan bernego agar mau berbagi kerugian dan alhamdulillah dia setuju dan pada saat yg sama langsung saya kirimkan uang yang menjadi haknya.
Update Tgl 28/ 05/18 : Seminggu berlalu dari yang di janjikan uang penggantian dari JNE belum juga saya terima, akhirnya saya tanyakan lagi ke CS JNE Bekasi, Jawabannya sedang dalam "antrian" dan proses eksekusi 14 hari jika uang sudah di kirim akan di beritahukan melalui SMS.
Pada tanggal 24/05/18 ketika ambil uang ke ATM sy lihat ada penambahan pada saldo akhir, lalu saya cek mutasi rekening ternyata ada uang masuk tanggal 23/05 si pengirim tidak memberikan keterangan apa2 dan juga tidak ada SMS konfirmasi dari JNE nominalnya sejumlah kira kira sama dengan yang di janjikan JNE, karena saya sudah malas untuk menanyakan lagi ke CS JNE, saya putuskan uang tersebut datang dari JNE dengan demikian urusan dengan JNE saya nyatakan SELESAI.
Saya berharap ini jadi bahan pelajaran untuk kita semua. Terima kasih
BalasHapusjudi online pulsa
game judi pulsa
judi pulsa online
judi online via pulsa
judi bola pulsa
togel online pulsa
togel online
game judi pulsa
ayam sabung
daftar s128
Jahannam is waiting for you brother
HapusJadi pembeli cuma dapat 25% saja dari nilai uang yang dia bayarkan dong? Haduh keterlaluan ini JNE
BalasHapusSaya juga Ndak nyangka JNE se-unprofessional ini
HapusIni ane sedang orosea denhan kasus yang sama... dah 10 hari. Hadeuh emang capek hati bro..
BalasHapus